slider

Recent

Powered by Blogger.

Advertisement

Total Pageviews

Archive

Search This Blog

Blog Archive

  • ()
  • ()
Show more

Author Description

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Advertisement

Navigation

Instruksi PLC DIFU (Differential Up) dan DIFD (Differential Down)

Setelah kita mempelajari Timer dan counter di materi sebelumnya, kita akan lanjutkan mencoba menggunakan instruksi DIFU dan DIFD.

Instruksi DIFU dan DIFD ini termasuk kedalam instruksi sequence output yang berfungsi untuk memanipulasi sinyal output (ditahan atau dipercepat), bingungkan? hhe
berikut adalah penjelasan dan aplikasinya.

1. DIFD (Differential Down)

DIFD merupakan kepanjangan dari Differential Down, berfungsi untuk merspon sinyal secara delay dengan durasi sinyal 1 cycle pembacaan program.

Gambar di bawah ini adalah simulasi yang menerangkan cara kerja dari pada instruksi DIFD plc omron dengan menggunakan software cx-programmer dan cx-simulator.


Pada saat PB P1 ditekan atau memberikan sinyal, maka sinyal tersebut tidak akan langsung merubah status signal pada addres bit 200.00 sampai signal PB P1 off dan signal 200.00 akan aktif per 1 cycle, makanya pada rangkaian diatas saya berikan holding agar aliran yang masuk bisa kita deteksi diteruskan pada bit 30.00.

untuk bentuk signal lebih jelas, silahkan lihat time chart berikut ini,

Berikut saya tambahkan ladder sederhana untuk mengetes signal bit yang dihasilkan.
signal 10.00 akan aktif setelah signal dari bit 0.00 tidak aktif dalam satu siklus PLC.

2. DIFU (Differential Up)

DIFU merupakan kepanjangan dari Differential Up, berfungsi untuk merspon sinyal secara langsung dengan durasi sinyal 1 cycle pembacaan program.

Gambar di bawah ini adalah simulasi yang menerangkan cara kerja dari pada instruksi DIFU plc omron dengan menggunakan software cx-programmer dan cx-simulator.



Pada saat PB P2 ditekan atau memberikan signal, maka signal tersebut akan meneruskan signal pada bit 200.01 dalam 1 siklus pembacaan PLC, sehingga sinyal yang dihasilkan yang sangat pendek mengikuti siklusnya, oleh karena itu pada rangkaian diatas saya menggunakan holding untuk menangkap signal itu sehingga bisa digunakan pada aplikasi lainnya.

Untuk bentuk signal lebih jelas, silahkan lihat time chart berikut ini,

Berikut saya tambahkan ladder sederhana untuk mengetes signal bit yang dihasilkan.
Saat signal 0.00 on, signal 10.00 akan aktif 1 siklus dan off kemudian sampai bit 0.00 tidak aktif dan on lagi dalam satu siklus PLC.



Itu saja untuk pembahasan DIFU dan DIFD kali ini, jika teman-teman ada yang belum jelas dan atau ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam pembahasan ini mohon bisa tulis dikomentar ya.



Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: