slider

Recent

Powered by Blogger.

Advertisement

Total Pageviews

Archive

Search This Blog

Blog Archive

  • ()
  • ()
Show more

Author Description

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Advertisement

Navigation

Instruksi PLC Timer & Counter

Timer dan counter menjadi instruksi dasar pertama yang guru saya berikan saat masih duduk di bangku SMK, dan instruksi inilah yang terus saya pakai dalam setiap soal yang diberikan untuk pembelajaran sekolah maupun dalam perlombaan tingkat SMK Kota - Nasional (LKS).
instruksi Instruksi PLC Timer & Counter ini memang sederhana penggunaannya namun memiliki fungsi yang cukup powerful untuk pemerograman sequence / dasar. 
Dibawah ini kita akan membahas kedua instruksi PLC ini hingga aplikasinya.

1. Timer

Timer dalam teknik kendali disebut dengan delay on/off tergantung penggunaanya, dimana fungsi timer ini adalah untuk menghubungkan atau memutuskan dengan cara menunda on/off suatu rangkaian kendali. 
Gambar di bawah ini adalah simulasi yang menerangkan cara kerja dari pada instruksi timer plc dengan menggunakan software cx-programmer dan cx-simulator.

instruksi plc timer

Saat PB1 (alamat input 0.00) ditekan saat itu timer mulai bekerja dan menghitung mundur satuan waktu yang telah di tentukan yaitu 2 detik. saat timer sudah mencapai setingan waktunya maka kontak timer yang ada di line 2 akan berubah posisi dari off (terbuka) ke on (tertutup) sehingga menyebabkan LAMPU 1 (alamat output 10.00) menyala


2. Counter

Counter artinya peghitung, begitu pun fungsi nya dalam PLC adalah sebagai penghitung. 
Gambar berikut ini  akan dijelaskan dengan simulasi cx-simulator.



PB2 (0.01) ditekan sebanyak 3 kali kemudian LAMPU 2 menyala karena kontak C1 aktif setelah mendapat 3 kali sinyal sari PB2, kemudian tekan aktifkan 0.02 (RESET) untuk mereset nilai CNT001.



3. Aplikasi kombinasi instruksi TIM and CNT 

Contoh 1

Dibawah ini adalah aplikasi program dengan mengkombinasikan instruksi timer dan counter untuk membuat timer 500 detik. TIM 0001 memberikan pulse setiap 5 detik dan CNT 002 menghitung pulse itu. Tujuan program ini adalah untuk memanipulasi nilai timer agar bisa mencapai 500 detik, hal ini dilakukan karena instruksi timer sendiri memilki nilai yang terbatas kurang dari 100 's. Dimana TIM 0001 memberikan sinyal 5's dan C0002 menghitung sampai 100 kali, artinya 5's x 100 = 500's
instruksi plc timer dan counter






Contoh 2

Saat kita membutuhkan penghitung hingga nilai diatas 9999 namun terbatas dengan kemampuan counter yang disediakan hanya mampu sampau 9999, kita bisa memanipulasi nya dengan menggunakan 2 counter. Dalam kasus ini 2  instruksi counter dikombinasiikan untuk membuat counter dengan nilai set value (SV) 20.000. check it out !!!







Contoh 3

Mengaktifkan timer hanya dengan satu kali tekan dan lepas dengan mengkombinasikannya dengan rangkaian selfholding seperti dibawah ini. program ini akan aktif ketika 0.00 ditekan sementara dan output 10.00 aktif sehingga mengaktifkan kontak 10.00 sehingga rankaian ini menjadi terkunci dan dengan bersamaan timer mulai menghitung sampai 1,5 's kemudian output 100.00 aktif dan output 2.04 off.
instruksi plc timer








Contoh 4

Dengan menggunakan 2 Timer kita bisa mengkombinasikannya untuk membuat program lampu FLip-Flop seperti contoh dibawah ini.
instruksi plc timer

Share
Banner

Post A Comment:

3 comments:

  1. Mau tanya suhu...
    Kalau dengan satu counter tapi bisa buat sinya timer banyak rumusnya gimana ya...
    Contohnya
    Ketika kita input counter dengan 7s di 6s confirm lamp
    Dan kalau kita input 8s di 7s confirm lamp
    Trs kita input 9s di 8s confirm lamp itu gmna ya hu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah komentar, maaf baru aktif lagi
      mungkin bisa coba cek di link ini, sedikit rumit sih tapi bisa buat referensi

      https://drive.google.com/file/d/13bdZcMPRFAm2I2hZGTDd9oJwb2awwwPu/view?usp=sharing

      Delete
  2. Mau tanya hu ,cara membuat kombinasi TIM dan JNT contoh 1 tu gimana ya.soalnya saya baru belajar ni?
    Ouh iya ada video tutorialnya ngg hu?

    ReplyDelete