slider

Recent

Powered by Blogger.

Advertisement

Total Pageviews

Archive

Search This Blog

Blog Archive

  • ()
  • ()
Show more

Author Description

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Advertisement

Navigation

Sequence Control 1

Jika Anda mencari arti istilah "sekuens", berikut adalah sejumlah makna yang mungkin akan muncul.
  1. Terjadi secara berurutan : rangkaian, kaitan, kejadian berturut-turut
  2. Urutan berbagai hal : urutan peringkat, urutan, progres
  3. Peralihan berbagai hal : urutan, hasil alami
Istilah "sekuens" juga telah digunakan dalam bidang komputer dan telekomunikasi, yang pada dasarnya mengacu pada prosedur operasional berkelanjutan sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku.
Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa istilah "kontrol sekuens" mengacu pada upaya membuat target beroperasi sesuai dengan tujuannya berdasarkan perintah dan kondisi yang telah ditetapkan sebelumnya.

Definisi Kontrol Sekuens
"Kontrol yang berlangsung dalam beberapa tahap sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan"

Mesin pencuci mobil otomatis beroperasi dalam urutan yang ditetapkan.
STEP1ARROW1STEP2ARROW2STEP3
Masukkan uang, lalu tekan tombol mulai.Mobil disemprot dengan air.Kotoran yang ada dibersihkan dengan deterjen.
ARROW3
STEP6ARROW5STEP5ARROW4STEP4
Mobil dikeringkan.Mobil dibilas dengan air.Mobil dilap.
Dengan demikian, kontrol sekuens dapat ditemukan pada mesin pencuci mobil.


Contoh Pencucian Mobil
Kini mari kita lihat jenis kontrol khusus dalam contoh mesin pencuci mobil.
Tindakan diproses dalam urutan yang ditetapkan sesuai dengan kondisinya, misalnya "tombol ditekan", "lama waktu", dan "tindakan sebelumnya yang diselesaikan".
Klik tombol "Putar" untuk melihat setiap tindakan pada mesin pencuci mobil.

Manfaat Kontrol Sekuens

Kontrol sekuens digunakan secara luas terutama di pabrik.
Sebagian besar operasi dan tugas dijalankan secara otomatis dengan kontrol sekuens.
Tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia, baik yang berbahaya maupun sederhana, kini dijalankan dengan mesin agar manusia dapat fokus pada tugas yang aman.
Mesin juga tidak akan mengalami kelelahan.
Saat manusia meluangkan waktu beristirahat, proses produksi akan tetap dijalankan secara akurat melalui serangkaian tindakan yang telah ditetapkan sebelumnya bahkan di lingkungan kerja yang mungkin terlalu sulit bagi manusia.
Oleh sebab itu, hasil produksi berkualitas tinggi dalam jumlah besar dapat diperoleh secara efisien berkat penggunaan mesin.
Penyederhanaan proses produksi ini disebut "otomatisasi pabrik" atau "FA".
Dengan demikian, kontrol sekuens memainkan peran penting dalam FA.

Contoh
Proses/Tugas
Contoh Penggunaan Kontrol Sekuens
PenyortiranUkuran produk pada konveyor dalam line produksi ditentukan, lalu disortir.
PemotonganPanjang material gulungan diukur dan dipotong dengan mesin pemotong yang digerakkan pada interval tetap.
Pengisian BotolBotol yang kosong ditempatkan di bawah nosel, diisi cairan dalam jumlah tertentu, lalu dipindahkan ke posisi selanjutnya. Botol kosong berikutnya juga diproses dengan cara yang sama.
Penggantian alatProduk dihitung. Setelah mencapai jumlah yang diperlukan, robot dengan alat yang berbeda akan diinstruksikan untuk menghasilkan produk lain.
PemantauanJumlah cairan dipantau; jika jumlah yang ditetapkan hampir terlampaui, botol akan dikosongkan dan lampu menyala secara bersamaan untuk memberi peringatan kepada karyawan yang bertugas sebagai operator.
Penggantian KomponenLabel kode batang yang tercantum pada produk dibaca, lalu mesin diinstruksikan untuk mengganti komponen yang akan dipasang berdasarkan lokasi tujuan ekspor produk.

Kontrol Sekuens Dasar

Kontrol sekuens dasar dihasilkan melalui kombinasi berikut ini.
  • Kontrol Sekuensial
  • Kontrol kondisi
  • Kontrol batas waktu/Kontrol penghitungan
(1) Kontrol sekuensial
Kontrol sekuensial mengoperasikan perangkat dalam urutan yang telah ditetapkan, dan disebut juga "kontrol langkah".
Alur yang dijelaskan dalam bagian 1.2 tentang mesin pencuci mobil, yaitu memasukkan uang, menekan tombol mulai, hingga mobil disemprot air, disemprot deterjen, lalu dibersihkan adalah bentuk kontrol sekuensial.
Mesin biasanya beroperasi berdasarkan urutan yang telah ditetapkan.
Dalam hal ini, kontrol sekuensial mengendalikan serangkaian tindakan yang dijalankan oleh mesin. Berikut adalah penjelasan tentang "kontrol kondisi" yang akan menentukan jenis kondisi untuk mengoperasikan atau menghentikan mesin.
Sequencial control

(2) Kontrol kondisi
Kontrol kondisi adalah jenis kontrol untuk mengoperasikan peralatan bila kondisi tertentu yang ditetapkan sebelumnya telah terpenuhi dengan menggabungkan sinyal status dan sinyal penyelesaian.
Ini disebut juga "kontrol interlock" karena kondisi diterapkan berdasarkan kombinasi sinyal sehingga peralatan hanya beroperasi bila diperlukan.
Pada jenis kontrol yang digunakan dalam contoh mesin pencuci mobil di bagian 1.2, mobil yang dicuci setelah uang dimasukkan dan tombol ditekan adalah contoh kontrol kondisi.
Conditions control
Seperti ditampilkan dalam gambar berikut, jika pengontrol dianggap sebagai kotak hitam, maka sinyal status/penyelesaian dari target kontrol akan menjadi "input" dan sinyal perintah ke target menjadi "output".

"Output" ditetapkan berdasarkan kondisi "input" yang nantinya akan mengoperasikan target kontrol. Sinyal dari target kontrol akan menjadi "input" berikutnya.
Dengan demikian, kontrol kondisi akan menghasilkan loop antara peralatan kontrol dan target kontrol berdasarkan sinyal status/penyelesaian dan sinyal perintah.

(3) Kontrol batas waktu/Kontrol penghitungan
Time limit control
"Kontrol batas waktu" adalah jenis kontrol yang memungkinkan perintah operasi ke target kontrol ditetapkan berdasarkan waktu tertentu dan waktu yang berlalu.
Pada kontrol mesin pencuci mobil yang dijelaskan di bagian 1.2, setelah langkah 2 (penyemprotan awal dengan air) selesai dijalankan, operasi akan dilanjutkan dengan langkah berikutnya (langkah 3). Hal ini berhubungan dengan kontrol batas waktu.
Kontrol penghitungan juga merupakan jenis kontrol di mana tindakan yang mempengaruhi target kontrol ditetapkan dengan menghitung jumlah produk atau jumlah tindakan tertentu yang dilakukan mesin.
Kontrol batas waktu memerlukan fungsi pengatur waktu dan kontrol penghitungan memerlukan fungsi penghitung.

Sistem yang Berfungsi Menggunakan Kontrol Sekuens

DOCTOR
[ Manusia ]
Human Beings
[ Mesin ]
Machine
Perangkat InputPerangkat yang dioperasikan oleh manusia (sakelar mulai/berhenti, dsb.).
Perangkat yang mendeteksi status mesin (sakelar batas posisi, sakelar proksimiti, dsb.).
Perangkat OutputPerangkat yang menggerakkan mesin (motor, katup solenoid, dsb.)
Perangkat yang menginformasikan status mesin kepada karyawan yang bertugas sebagai operator (lampu indikator, alarm peringatan, dsb.)
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: