slider

Recent

Powered by Blogger.

Advertisement

Total Pageviews

Archive

Search This Blog

Blog Archive

  • ()
  • ()
Show more

Author Description

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Advertisement

Navigation

Factory Automation Network Basic (1)

Apa yang ada di pikiran Anda saat anda mendengar atau membaca istilah "network" ?
Beberapa contoh network/jaringan yang dekat dengan Anda adalah ponsel dan email PC yang biasa kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun, peralatan jaringan juga berperan aktif dalam otomasi pabrik (pabrik).


Uraian berikut ini adalah definisi yang tepat dari jaringan FA yang kita bahas kali ini.

"Suatu alat untuk mewujudkan dan memastikan kelancaran pemrosesan dan produksi dengan melakukan pertukaran informasi (disebut komunikasi data) di antara peralatan input / output seperti sensor dan indikator dan peralatan kontrol seperti pengendali dan penggerak servo, dan juga peralatan informasi dan komunikasi seperti PC."

* Dalam pembahasan ini, PLC disebut sebagai "controller".



Dimana ini digunakan? Penggunaan jaringan FA tidak terbatas pada peralatan dan mesin pada jalur produksi di pabrik. Gambar di bawah ini adalah representasi pabrik manufaktur makanan dimana jaringan FA dengan berbagai keperluan diperkenalkan.

Bagian Manajemen Lantai
Di lantai ini, jaringan FA digunakan terutama untuk memberikan instruksi operasional dan kerja kepada operator dan mesin & peralatan di bidang manufaktur, sortasi dan pengiriman, dan juga untuk mengumpulkan hasil operasi dan tugas.

Lantai Manufaktur Line
Jaringan FA di lantai ini digunakan terutama untuk pertukaran informasi (komunikasi data) antara peralatan kontrol, dan untuk memberikan instruksi produksi ke peralatan kontrol yang lebih rendah dari peralatan kontrol atas seperti Controller.

Shortir dan Shipping
Jaringan FA di lantai ini digunakan terutama untuk pertukaran informasi antara peralatan khusus dan peralatan kontrol seperti Controller.



Dibawah ini Anda dapat melihat peralatan kontrol dan informasi khas yang digunakan dengan jaringan FA di setiap lantai pabrik.

Klik nama lantai pada gambar.



 
 

atau klik di --> FA Netwok

Hirarki dan Aplikasi Utama
Hirarki, yang pada awalnya merupakan istilah khusus di bidang telekomunikasi, menunjukkan lapisan jaringan yang dikelompokkan berdasarkan tujuan penggunaan di dunia jaringan FA, seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Metode penggunaan jaringan FA yang khas untuk masing-masing lapisan adalah sebagai berikut:

Lapisan manajemen
Transfer File: Metode penggunaan dimana data seperti hasil produksi dipertukarkan dalam format file antara PC & komputer server dan pengendali.

Controller (Perangkat) Layer
 
    • Message Communications: Metode penggunaan dimana perintah dikirim dari controller pada satu jaringan FA ke controller lain untuk melakukan kontrol atau transmisi data & penerimaan. 
    • Data Link: Metode penggunaan dimana pertukaran data dilakukan setelah menentukan terlebih dahulu area yang dibagi oleh beberapa pengendali di jaringan FA. 
    • Tujuan Umum Komunikasi Serial Kompatibilitas: Sebuah metode penggunaan dimana komunikasi data dilakukan setelah peralatan kontrol dengan "General Purpose Serial Komunikasi Mode" dihubungkan dengan peralatan informasi.



    Component layer
    Komunikasi I / O Jarak Jauh: Metode penggunaan dimana pengendali menukar sinyal peralatan input / output jarak jauh menggunakan komunikasi jaringan FA.


    Untuk mempermudah dalam memahaminya silahkan klik animasi di FA Network hirarki
    Share
    Banner

    Post A Comment:

    0 comments: