slider

Recent

Powered by Blogger.

Advertisement

Total Pageviews

Archive

Search This Blog

Blog Archive

  • ()
  • ()
Show more

Author Description

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Advertisement

Navigation

Pengantar CNC dan pemrograman




Pada tulisan kali ini akan membahsa dasar-dasar pemrograman, termasuk panduan untuk tata letak dan perintah umum. Setiap bagian dibangun secara progresif, menggunakan teks biasa, mudah diikuti, untuk mencakup aspek pemrograman yang paling umum.
Bagian G code dan M code berisi informasi yang lebih spesifik untuk perintah dan fungsi tertentu - bagian ini lebih dimaksudkan sebagai panduan referensi, setelah anda yakin dengan dasar-dasar pemrograman.

APA ITU CNC?

CNC (Computer Numerical Control) adalah istilah umum yang digunakan untuk sistem yang mengontrol fungsi alat mesin menggunakan instruksi kode yang diproses oleh komputer.

CONTOH PROSES MANUFAKTUR CNC

Diagram pada gambar dibawah ini menunjukkan tahap utama yang terlibat dalam memproduksi komponen pada sistem CNC.
  1. Program bagian ditulis, menggunakan kode G dan M. Ini menjelaskan urutan operasi yang harus dilakukan mesin untuk membuat komponen.
    Program ini dapat diproduksi secara off-line, yaitu jauh dari mesin, baik secara manual atau dengan bantuan sistem CAD / CAM.
  2. Program bagian dimuat ke komputer mesin, yang disebut controller. Pada tahap ini, program masih dapat diedit atau disimulasikan menggunakan keypad pengontrol mesin / perangkat input.
  3. Pengontrol mesin memproses program bagian dan mengirimkan sinyal ke komponen mesin yang mengarahkan mesin melalui urutan operasi yang diperlukan yang diperlukan untuk memproduksi komponen.
Penerapan CNC pada mesin manual memungkinkan pengoperasiannya menjadi sepenuhnya otomatis.
Menggabungkan ini dengan penggunaan part program akan meningkatkan kemampuan mesin untuk melakukan tugas yang berulang dengan tingkat akurasi yang tinggi.


Part program adalah daftar instruksi kode yang menjelaskan bagaimana komponen yang dirancang, atau bagian, akan diproduksi.

Instruksi berkode ini disebut data - serangkaian huruf dan angka. Program bagian mencakup semua data geometris dan teknologi untuk melakukan fungsi dan gerakan alat berat yang diperlukan untuk membuat part tersebut.

Bagian program selanjutnya dapat dipecah menjadi garis data yang terpisah, setiap baris menggambarkan satu set operasi pemesinan tertentu.

Garis-garis ini, yang berjalan secara berurutan, disebut blok.
Satu blok data berisi kata-kata, kadang-kadang disebut kode. Setiap kata mengacu pada perintah pemotongan / gerakan tertentu atau fungsi mesin.

Bahasa pemrograman yang diakui oleh CNC, pengontrol mesin, adalah I.S.O. kode, yang mencakup grup G code dan M code.

Setiap kata program terdiri dari huruf dan angka berisi perintah atau instruksi dengan berbagai kombinasi, seperti contoh berikut.




Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: